Data Prefill Dapodik (DAPODIKDASMEN)

Data Prefill Dapodik adalah data sekolah beserta isinya yang telah “compressed” menjadi prf file. Prefill ini adalah database sekolah hasil pengiriman terakhir Dapodik. Prefill ini dimaksudkan agar data tahun ajaran sebelumnya dapat berlanjut ke data tahun ajaran berjalan. Selain itu agar operator sekolah tidak melakukan input data untuk kedua kalinya.
Data Prefill Dapodik (DAPODIKDASMEN)
Data prefill berfungsi untuk registrasi dan berisi data-data sekolah yang telah dimasukkan pada aplikasi sebelumnya. Data prefill bisa didapat di alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Pastikan data prefill tersebut yang terbaru (update) melalui generator prefill.

Yang dimaksud dengan generate data prefill adalah Updating data awal prefill dengan hasil sinkronisasi terakhir ke server. Sehingga data prefill menjadi ter-update dengan data kiriman ke server terakhir.

Generate prefill bisa dilakukan oleh operator tingkat sekolah. Alamat untuk generate prefill adalah: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/prefill . Fasilitas ini semacam simpan lokal secara nasional.

Selain itu data prefill juga dipakai jika komputer bermasalah (hilang, rusak, atau ganti komputer). Langkahya adalah lakukan generate ulang prefill, unduh, lalu lakukan prosedur instalasi seperti prosedur awal instalasi.

Dengan demikian, pada aplikasi lokal sekolah akan mucul data hasil kiriman sekolah yang terakhir. Hal ini penting dan perlu dilakukan agar operator tidak menginput data dari awal lagi. Jika prosedur ini tidak dilakukan dikhawatirkan datanya akan ganda/duplikasi, karena data di server sudah pernah ada.

Data prefill tahun ajaran sebelumnya tidak bisa digunakan pada tahun ajaran berjalan. Data prefill yang bisa digunakan adalah data prefill yang sudah diupdate dan terbaru dari hasil sinkronisasi terakhir.

Data prefill tahun ajaran sebelumnya tidak  bisa dipakai karena  struktur  berbeda  dan  data  tahun  sebelumnya  sudah  melalui  proses “cleansing”/pembersihan data. Pastikan Anda menggunakan data prefill terbaru untuk melakukan proses input data di tahun ajaran baru.

Click to comment