Dapodik Versi 2020.b Sinkronisasi Hak Kepala Sekolah

Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b dirilis dalam bentuk PATCH dan UPDATER sehingga untuk pemutakhiran data semester genap tahun ajaran 2019/2020 dilaksanakan menggunakan aplikasi Dapodik terbaru. Silahkan unduh aplikasinya di http://dapodikdasmen.data.kemdikbud.go.id/Patch_Dapodik_2020.b.exe
Dapodik Versi 2020.b Sinkronisasi Hak Kepala Sekolah
Pada Versi 2020.b dilakukan beberapa perbaikan, penyesuaian, dan pengembangan fitur untuk lebih memudahkan dalam proses pengisian dan pemutakhiran data, konon katanya 😁? termasuk salah satunya adalah perubahan alur proses sinkronisasi.

Kewenangan melakukan proses sinkronisasi data dapodik versi 2020.b yang berhak adalah Kepala Sekolah. Hak sikronisasi ini sebenarnya sangat bagus jika kepala sekolahnya peduli terhadap kualitas data sekolah dan benar-benar mampu memahami aplikasi Dapodik tersebut.

Jika hal ini benar-benar diterapkan maka kepala sekolah akan merasakan bagaimana rasanya perjuangan melakukan sinkronisasi data dapodik yang selama ini dilakuka oleh operator sekolah yang tidak kenal waktu siang dan malam.

Namun, pertanyaannya apakah kepala sekolah siap mental ketika melakukan sinkronisasi kemudian dihadapkan pada berbagai masalah misalnya data invalid, server sedang sibuk, dan lainnya? 😁😁😁.

Yang menjadi masalah lagi, bagaimana jika kepala sekolahnya tdak mau tau tentang sinkronisasi dengan alasan tidak menguasai aplikasi dapodik, tentu yang menjadi korban adalah GTK karena hal ini menyangkut data validasi tunjangan profesi guru di Info GTK.

Sebagai alih-alih jika masalah sinkronisasi ini harus diserahkan lagi kepada operator sekolah tentu hal ini juga akan menjadi ribet karena harus masuk ke akun kepala sekolah hanya untuk sinkronisasi yang tadinya satu atap, kini harus menggunakan akun lain.

Kebayang saja jika harus terjadi perbaikan data maka harus kembali ke akun operator sekolah untuk melakukan perubahan setelah itu untuk melakukan sinkronisasi maka harus masuk lagi ke akun kepala sekolah 😤 kan nyesek kalau harus bolak balik.

Jadi bagaimana menurut Anda untuk pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2020.b apakah semakin maju dan berkembang dengan baik ataukah malah sebaliknya semakin ribet dan semakin banyak data yang harus dientrikan ke Dapodik?

Click to comment