Verval pd new data kemdikbud

Verval pd new data kemdikbud
Alamat login situs baru http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/ untuk melakukan verifikasi dan validasi peserta didik. Verval PD ini meliputi data NISN, nama, rombel/sekolah, tempat lahir, tanggal lahir, ibu kandung, serta NIK yang dinyatakan masih salah ketika dilakukan pencocokan di data base sehingga masuk ke menu residu untuk dilakukan verval kebenaran datanya. Baca disini pencocokan data residu yang diambil dari data integritas dapodik dan dukcapil.

Website Aplikasi verval pd yang baru ini lebih familiar dan user friendly jika dibandingkan dengan website yang lama. Karena tampilannya sederhana dan loadingnya sangat cepat memudahkan operator dalam pengelolaan data vervalnya. Menu pengelolaannya pun cukup simpel yakni untuk kesalahan NISN bisa di perbaiki melalui “Edit NISN” sedangkan untuk kesalahan data siswa pengajuan perubahannya melalui “Edit Identitas”.

Perlu Anda perhatikan sebelum melakukan verval silahkan baca panduan aplikasi verval PD agar tidak terjadi kesalahan. Khusus pada NISN ada aturan baru yakni akan muncul “Tabel Indeks Kemiripan”. Pada tabel tersebut akan ditampilkan indeks kemiripan data arsip NISN Baru atau NISN yang akan diklaim dibandingkan data arsip NISN Lama atau yang sedang digunakan saat ini.

Data variabel identitas yang dibandingkan kemiripannya meliputi NIK, Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, dan Jenis kelamin. Setiap variabel identitas memiliki indeks kemiripan masing-masing dengan indeks kemiripan maksimal yaitu 100, yang artinya data tersebut mirip/ sama. Indeks kemiripan yang muncul merupakan hasil dari pengelohan sistem.

Setiap Variabel Identitas memiliki Indeks Kemiripan masingmasing yang kemudian akan dijumlahkan semua dan dibagi dengan jumlah variabel identitas. Dari situ akan muncul Indeks Kemiripan keseluruhan.

“Menu Update akan terbuka jika indeks kemiripan (keseluruhan) lebih dari 80”. Apabila Indeks Kemiripan 80 ke bawah maka tidak dapat Upload Dokumen Pendukung (Ijazah atau Print Screen NISN), dan akan muncul simbol larangan, apabila cursor mouse diarahkan pada tombol browse file dan update data.

Apabila Indeks Kemiripan lebih dari 80 maka dapat Upload Dokumen Pendukung dan dapat Update Data. Apabila indeks validasi kurang dari 85 (perubahan veriabel identitas terlalu signifikan atau sama sekali tidak ada perubahan), maka tidak dapat melakukan upload dokumen dan Menu Update tidak akan terbuka.

Penolakan pengajuan edit identitas disertai keterangan penolakan yang dapat dilihat di kolam keterangan, sehingga dipat diketahui dimana letak kesalahannya. Aproval Pengajuan Edit Identitas dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota/Provinsi/Kantor Wilayah Kementerian Agama.

Click to comment