Cara Unggah Data Siswa di PDSS Tidak Error

Cara unggah data siswa di laman PDSS secara kolektif dan tidak error atau muncul pesan kesalahan pada NISN belum terdaftar di PDSP maupun data LTMPT. Munculnya pesan kesalahan saat Anda melakukan unggah data siswa secara kolektif penyebabnya adalah sistem integrasi PDSS dengan akun LTMPT. Sedangkan Anda langsung melakukan pengunggahan data siswa pada kelas XII nya.
Cara Unggah Data Siswa di PDSS Tidak Error
Langkah yang benar adalah melakukan secara runtut tahapan Pengisian Data yakni membuat kurikulum pada tingkat X (Tahun 2017/18), XI (Tahun 2018/19), XII (Tahun 2019/20) untuk semester 1 dan 2, selanjutnya membuat daftar jurusan, membuat tingka kelas sesuai dengan tahunnya.

Setelah menyelesaikan langkah diatas kemudian Mengisi Data Siswa per Kelas. Data seluruh siswa pada sebuah kelas, dapat diisikan secara manual maupun sekaligus diisikan pada sistem dengan fasilitas Unggah Daftar Siswa.

Langkah yang tepat adalah kita mulai dari kelas X (Tahun 2017/18). Berikut adalah langkah untuk mengunggah daftar siswa:

  1. Klik pada kelas terpilih lalu klik tombol Unggah Daftar Siswa
  2. Klik tombol Unduh Template pada untuk mengunduh template file daftar siswa
  3. Isi file template dengan daftar nama siswa untuk kelas tersebut. Jika file sudah siap diunggah. Klik tombol Browse.. untuk mengunggah file, lalu klik tombol Simpan Daftar Siswa
Untuk mempercepat memnyaipakan daftar siswa, Anda bisa menggunakan data siswa dari data PDUN (unduh file excelnya copy pastekan NISN dan namanya). Lakukan pada jurusan yang lainnya.

Selanjutnya pada kelas XI (Tahun 2018/19), serta pada kelas XII (Tahun 2019/20) Anda cukup melakukan pengambilan data siswa dari data siswa tahun sebelumnya. Caranya Klik tombol Pilih dari Kelas Sebelumnya. Selanjutnya, pada tampilan tab Siswa Naik Kelas, pilih siswa yang akan diisikan ke kelas XI, atau kelas XII dengan memberikan tanda ceklis pada siswa. Jika sudah selesai, klik tombol Simpan.

Dengan demikian data siswa yang tidak terdaftar di akun LTMPT tidak mengalami error atau kesalahan data. Baca panduan PDSS 2020

Kesimpulannya Pengisian data siswa dimulai dari tingkat X. Daftar siswa diisikan dengan menggunakan tombol Tambah Siswa atau Unggah Daftar Siswa. Untuk fitur unggah daftar siswa, siswa tingkat XI dan XII hanya bisa didaftarkan jika sudah terdaftar di tingkat X. Jika belum terdaftar di tingkat X (misalnya siswa pindahan), maka siswa tingkat XI dan XII dapat ditambahkan melalui tombol Tambah Siswa. Siswa yang didaftarkan harus memiliki NISN yang valid.

Click to comment