Cara Atasi Bug EDS PMP 2019.12.18

Cara Atasi Bug EDS PMP 2019
Cara mengatasi Bug EDS PMP 2019 versi Cakumanet yang diambil dari berbagai sumber referensi diluar dan sudah dibuktikan. Hal ini kita lakukan karena tidak tersedianya panduan aplikasi untuk EDS PMP 2019 serta minimnya helpdesk dari LPMP sebagai rujukan troubleshoot yang terjadi di lapangan.

Kalaulah melihat diberbagai forum bahwa yang terjadi bukan hanya masalah eksternal aplikasi EDS PMP saja namun juga berdampak ke masalah Internal Sekolah yakni tanggung jawab sekolah sebagai responden yang kurang memperdulikan kewajibannya sehingga memaksakan kehendak operator untuk mengatasi semuanya.

Namun disini kita memfokuskan pada masalah eksternal bug EDS PMP 2019 yang masih banyak dicari solusi untuk mengatasi kasusnya. Misalnya; pengguna tidak terdaftar setelah registrasi, disconnected pada sinkronisasi, progres isian instrumen kuesioner yang tidak bisa 100%, tidak bisa masuk saat diakses pada komputer client, koneksi lambat saat sinkronisasi.

Pengguna salah setelah registrasi EDS PMP Offline

Ada dua pilihan saat melakukan registrasi EDS PMP 2019 secara Offline yakni dengan menggunakan prefill. Data prefill wajib di download dan ditaruh di folder prefill_dapodik. Dalam penggunaan prefill untuk registrasi PMP perhatikan pilihannya agar tidak salah.

Jika kondisi belum pernah melakukan instalasi EDS PMP maka gunakan generate prefill nasional untuk registrasinya sesuai dengan petunjuknya. Jika dalam kondisi yang pertama ini Anda masih belum bisa log in maka pastikan bahwa username dan password yang Anda gunakan sesuai dengan akun Dapodik. Bukan username dan password bawaan generate prefill nasional.

Alternatif kedua jika masih belum bisa log in setelah registrasi PMP berhasil. Coba Anda lakukan pembersihan data histori dan cachednya secara menyeluruh. Lakukan refresh (F5) dalam kondisi laman registrasi terbuka, taruh prefill dan lakukan registrasi ulang seperti pada awal. Setelah berhasil tekan (F5), log in dengan akun Dapodik baru. Pasti berhasil.

Alternatif ketiga jika masih belum berhasil login. Gunakan prefill reguler, saat registrasi gunakan akun dapodik lakukan saja tanpa harus menginstall ulang aplikasi PMPnya.

Status disconnected pada sinkronisasi PMP

Masalah Status disconnected pada sinkronisasi PMP juga menjadi perhatian. Untuk mengatasi kasus tersebut sebelum membuka aplikasi PMP silahkan buka aplikasi Dapodik dalam keadaan log in terlebih dulu setelah itu buka aplikasi PMP. Pada menu sinkronisasi jika masi terdetekasi status disconnected lakukan refresh (F5) beberapa kali.

Alternatif kedua jika masih belum bisa connect silahkan lakukan validasi dan buka sinkronisasi aplikasi dapodiknya. Lakukan refresh pada menu sinkronisasi aplikasi PMP.

Progres kuesioner PMP tidak 100%

Banyak yang masih terkndala dibagian instrumen kuesioner PMP baik pada akun kepsek maupun akun guru. Progres pengisian instrumen kuesioner PMP yang tidak mencapai 100 persen penyebabnya ada dua; 1) hilangnya salah satu instrumen kuesioner. 2) belum tuntas dalam mengisi instrumen kuesioner.

Jika hal ini terjadi pastikan bahwa instrumen kuesioner lengkap terisikan, Anda bisa melihat secara detailnya di bagian rincian isi kuesioner. Periksa yang bertanda silang merah lakukan pengimputan ulang.

Jika terjadi karena salah satu instrumen kuesioner hilang lakukan sinkronisasi pastikan berhasil 100 persen dalam sinkronisasi. Log out serta clear dan muat ulang kemudian log in kembali. lakuukan berulangkali sinkronisasi jika masi belum bisa mengembalikan instrumen kuesione yang tidak muncul.

Selain yang diatas, kini Anda bisa menggunakan aplikasi EDS++ 2019

Tidak bisa login pengguna di client PMP

Banyak sekolah yang menggunakan komputer client untuk mengakses EDS PMP sehingga pengerjaannya bisa dilakukan bersama bisa melalui laptop dan handpone. Namun sayangnya setelah berhasil di registrasi dan di koneksikan secada luring maupun daring ternyata terkendala di username dan password pengguna yang tidak terdaftar.

Solusinya Anda harus melakukan replacing Javascriptnya. Anda bisa mendownload file Js dan melihat caranya di channel ini https://www.youtube.com/watch?v=y8EQHdq-mJ4

Koneksi lambat saat sinkronisasi PMP

Berhasil menghubungkan koneksi sinkronisasi PMP belum tentu berhasil dalam hal melakukan sinkronisasinya. Terkadang muncul ditengah-tengah sinkronisasi dengan berbagai alasan kesalahan. Misalnya; server sibuk, koneksi lambat dan lain sebagainya. Meskipun bisa sangat cepat jika dibuat mengakses yang lainnya.

Solusinya pastikan koneksinya dengan cara ping dengan menggunakan aplikasi CMD. lihat tutorialnya diluar sangat banyak.

Semoga berhasil.

Click to comment