Cara Ambil Biodata UNBK dari BIOUN

Tahapan pendataan sekolah dan peserta UNBK Tahun 2020 sudah kita lalui melalui beberapa proses dari aplikasi Dapodik ke aplikasi PDUN lannjut Upload data DZ/EZ ke laman BIOUN sampai tahapan verval PD. Semua aplikasi tersebut saling terkait dan harus tersinkron dengan benar datanya.
Cara Ambil Biodata UNBK dari BIOUN
Namun sayangnya sampai saat ini masih banyak sekolah yang terkendala dengan tidak tersinkronisasinya data peserta didik dari aplikasi pendataan yang satu ke aplikasi pendataan yang lainnya. Bagi sekolah yang sudah sukses melalui tahapan tersebut selanjutnya adalah melakukan pengaturan identitas sekolah dan infrastruktur sebelum melakukan sinkronisasi biodata peserta UNBK dari laman BIOUN.

Sebelum melakukan ambil biodata peserta Ujian Nasioanl ke laman UNBK 2020 maka pastikan terlebih dahulu penomoran peserta sudah terisi pada laman BIOUN. Generate nomor peserta ujian nasional akan dilakukan dari pusat secara sistem sehingga Anda tidak pelu lagi mengimput nomor tersebut.

Langkahnya cukup sederhana seperti tahun-tahun sebelumnya. Anda masuk ke laman UNBK ( https://unbk.kemdikbud.go.id/ ) pada menu biodata siswa tekan tombol “Ambil dari BIOUN” selesai.

Sekali lagi bahwa proses tahapan pendataan sekolah dan peserta UNBK Tahun 2020 yang harus dilaksanakan adalah sebagai berikut:
  1. Penetapan Sekolah
  2. Melengkapi data sekolah (proktor, teknisi dan infrastruktur)
  3. Mencetak surat kesiapan
  4. Menarik biodata dari BIOUN
  5. Mengisi rincian server, ruang dan client
  6. Menempatkan peserta ke server dan sesi
Proses sinkronisasi biodata peserta ujian ke laman UNBK ini akan digunakan sebagai bagian dari data pelaksanaan gladi bersih UNBK, jadi data tidak lagi masuk ke laman UNBK simulasi. Untuk simulasi 2 atau gladi bersih sudah menggunakan laman UNBK yang asli.

Pastikan data sudah lengkap dengan cara melihat di menu cek kelengkapan data, jika masih terdapat tanda silang merah maka lakukan perbaikan data.

Click to comment